Selamat Datang Di Blog Sambas Sunnah, Sebuah Blog Karya Biak Kitte Juak. Semoga Bermanfaat. Ayo...Semangat Menuntut Ilmu Agama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ “Barang siapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu agama, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim, no. 2699).
 
Selasa, 15 Agustus 2017

Tahukah Kamu? (03) - Makna Tauhid

0 komentar
Bismillaah...

Setelah kita mengetahui tujuan dari Alloh tabaroka wa ta’ala menciptakan kita yakni untuk beribadah kepada-Nya dan mengetahui dua syarat agar amal ibadah kita diterima oleh Alloh tabaroka wa ta’ala, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit dari makna tauhid. Untuk itu silahkan simak penjelasan singkat berikut.

Didalam sebuah ayat, Alloh tabaroka wa ta’ala berfirman,

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ 
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rosul pada tiap umat (untuk menyerukan): Sembahlah Alloh (saja) dan jauhilah Thoghut”. (QS. An-Nahl: 36).

Ayat ini menafsirkan makna ibadah dan tauhid serta menjelaskan pula bahwa seluruh rosul diutus dengan membawa dua kalimat ini, yakni: “Beribadahlah kepada Alloh dan jauhilah toghut”. Inilah makna at-Tauhid, karena pada firman-Nya (اعْبُدُوا اللَّهَ) terdapat ikrar tentang tauhid, dan pada firman-Nya (وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ) terdapat pengingkaran terhadap kesyirikan. Adapun makna dari الطَّاغُوتَ itu sendiri adalah segala hal yang menyebabkan seseorang melampaui batasan Alloh, baik berbentuk sesembahan, suatu panutan maupun pemimpin.
Didalam ayat yang lain Alloh tabaroka wa ta’ala berfirman:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا 
“Dan Robbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik kepada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya”. (QS. Al-Israa’: 23).

(وَقَضَىٰ رَبُّكَ) artinya: (Robbmu) memerintahkan dan mewasiatkan.
(أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ) artinya: Kamu membatasi ibadah hanya untuk-Nya semata, (tidak menunjukkan ibadah tersebut) kepada selain-Nya.

Maksud ayat tersebut selaras dengan makna لا اله الا الله. Kandungan ayat diatas secara jelas menunjukkan kepada makna tauhid, yaitu: mengkhususkan peribadahan hanya kepada Alloh semata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tauhid merupakan realisasi dari kalimat لا اله الا الله.

Demikianlah sedikit penjelasan dari makna tauhid. Semoga dengan ini kita dapat mengetahui hakikat dari tauhid itu sendiri dan dapat merealisasikannya dalam kehidupan kita. Allohumma Aamiin.


Wallohu ‘alam...

Disusun,
Selasa, 22 Dzulqo’dah 1438H / 15 Agustus 2017
Kala senja di Kota Singkawang

Abu Aufa Aal.

Leave a Reply

 
Sambas Sunnah © 2016 | Created By Abu Aufa